Lamongan Gelar Lomba Masak Otak-otak Guna Tingkatkan Konsumsi Ikan

Uncategorized929 Dilihat

Diagram Kota Lamongan – Pemerintah Kabupaten Lamongan berupaya meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan sebagai bentuk pencegahan stunting. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar lomba memasak otak-otak berbahan dasar ikan, di halaman Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (21/6/2023).

“Potensi ikan yang besar harus terus kita dorong, supaya konsumsi ikan sebanding dengan hasil ikan. Terlebih tantangan besar ke depan di 2024 dengan target 14%, sedangkan Lamongan 12%. Hari ini kita masih 27% sehingga kita terus lakukan treatment agar segera ada percepatan. Berbagai inovasi terus kita lakukan agar meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan untuk upaya penurunan stunting,” ujar Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi,

Diikuti 50 peserta dari berbagai wilayah Lamongan, ajang lomba memasak ini mengklasifikasikan dua kategori yakni olahan wajib yang dimasak secara langsung di halaman Pendopo Lokatantra yang berbahan dasar bandeng, serta olahan bebas berbahan dasar ikan selain bandeng.

Seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan, Bupati Lamongan, berharap melalui penciptaan menu otak-otak berbahan dasar ikan dapat menambah variasi dan cita rasa. Nantinya dapat menjadi pilihan masyarakat saat berkunjung ke Lamongan untuk dijadikan buah tangan.

“Kita terus mendorong untuk membuat menu yang lebih baik dan masakan baru yang nanti akan kita perkenalkan di masyarakat Indonesia dan dunia. Karena kuliner Lamongan sudah mempunyai daya saing tersendiri dan pembeda,” imbuh Pak Yes panggilan akrab Bupati Lamongan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lamongan, M. Zamroni, mengatakan, lomba memasak yang ditujukan untuk menambah kekhazanahan potensi sumber daya alam ini, sekaligus untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pengelolaan makanan berbahan dasar ikan.

“Kegiatan ini untuk memperkaya potensi sumber daya alam dan meningkatkan sumber daya manusia melalui pengelolaan ikan di Lamongan. Terutama wilayah Kabupaten Lamongan sebagai sumber yang sangat luar biasa hasil perikanan yang nanti akan menambah khazanahan, kekayaan, dan cita rasa otak-otak yang dihasilkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk mendukung program peningkatan ekonomi, Pemerintah Kabupaten Lamongan telah mencanangkan pembangunan showroom yang nantinya akan menampung produk-produk Lamongan baik olahan makanan, minuman, maupun kerajinan asli Lamongan.(dk)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *