Strategi Mengelola Stres Secara Sehat Menurut Psikolog Klinis

SERBA-SERBI695 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Stres adalah bagian alami dari kehidupan sehari-hari yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan fisik seseorang.

Psikolog klinis Nirmala Ika Kusumaningrum M.Psi dari Universitas Indonesia menekankan pentingnya mengelola stres secara efektif untuk meredakan emosi dan mencegah reaksi berlebihan dalam menghadapi situasi yang menantang.

“Kalau kita nggak terbiasa untuk manage, kita pasti akan gampang banget untuk jadi meledak atau jadi breakdown dengan kondisi seperti itu kalau nggak biasa mengelola, maka itu perlu dilakukan setiap hari,” katanya dikutip diagramkota.com, Rabu (24/4/2024).

Menurut Nirmala, mengelola stres memerlukan latihan yang konsisten setiap hari, bertujuan untuk mencegah terjadinya ledakan emosi atau kejadian breakdown ketika dihadapkan pada tekanan yang tidak sesuai harapan.

“Seseorang dapat mengatur emosinya dengan cara yang positif, seperti meningkatkan energi dan merasa lebih rileks,” sambung Nirmala.

Namun, seringkali orang cenderung menggunakan cara yang tidak sehat untuk melepaskan stres, seperti merokok, mengonsumsi obat-obatan terlarang, atau makan berlebihan.

Nirmala menegaskan bahwa tindakan tersebut hanya memberikan efek sementara dan dapat berdampak buruk pada kesehatan jangka panjang.

Untuk mengelola stres secara sehat, Nirmala merekomendasikan beberapa strategi yang dapat dilakukan, antara lain olahraga, meditasi, journaling, latihan pernapasan, dan mindfulness.

“Aktivitas-aktivitas ini membantu individu untuk belajar mengelola stres secara bertahap dan efektif,” jelas Nirmala.

Selain itu, Nirmala juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan melepaskan stres dengan menonton drama serial dalam waktu yang lama melalui ponsel atau gadget.

“Radiasi dari gadget dapat membuat tubuh tidak nyaman dan menyebabkan penumpukan stres baru. Sebagai gantinya, disarankan untuk menonton film dengan durasi yang lebih pendek di bioskop, yang juga mendorong gerakan fisik,” katanya.

Teknik sentuhan juga dapat menjadi cara efektif untuk meredakan stres. Nirmala menekankan pentingnya teknik-teknik seperti menenangkan diri dengan genggaman jari atau refleksi untuk menghilangkan ketegangan.

“Sentuhan dapat membantu melepaskan ketegangan dan memberikan rasa nyaman bagi individu yang sedang mengalami stres,” tambah Nirmala.

Psikolog dari Enlightmind, penyedia jasa layanan kesehatan holistik ini juga mengatakan idealnya seseorang merasakan stres sampai 3 bulan, jika lebih dari itu dan perasaan stres tidak kunjung berkurang, segera mencari bantuan profesional agar tidak berefek pada gangguan mental.

“Dengan menerapkan strategi-strategi ini secara konsisten, seseorang dapat belajar mengelola stres secara sehat dan efektif. Penting untuk menjaga keseimbangan emosional dan fisik agar dapat menghadapi tantangan hidup dengan lebih tenang dan positif,” pungkasnya. (dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *