Merawat Bersama Kebudayaan Melalui Adeging Mangkunegaran ke-267

BUDAYA, DAERAH401 Dilihat

Diagram Kota Solo – Pura Mangkunegaran bekerja sama dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC menyelenggarakan Adeging Mangkunegaran ke-267 Presented by PermataBank yang berlangsung mulai 17 Maret – 28 April 2024. Acara ini digelar dalam rangka merayakan HUT ke-267 Pura Mangkunegaran.

Pemimpin Pura Mangkunegaran K.G.P.A.A.Mangkoenagoro X mengatakan, rangkaian acara Adeging Mangkunegaran tahun ini berupa kegiatan budaya, musik, hingga olahraga.

“Adeging Mangkunegaran merupakan upaya bersama untuk merawat kebudayaan. Adeging ini juga jadi momen untuk merayakan ulang tahun Mangkunegaran ke-267.” kata KGPAA Mangkoenagoro X dalam jumpa pers di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2024).

Ini tentu bukan usia yang muda tapi bagaimana kami hari ini terus tumbuh berkembang dan kebudayaan kita bermanfaat di era hari ini, bukan hanya masa lalu tapi juga untuk kedepannya.

“Fokus kami bagaimana masyarakat bisa ikut terlibat dalam Adeging Mangkunegaran.Karena Adeging Mangkunegaran ini merupakan aset kita bersama dan kebudayaan tentunya juga harus kita jaga,” sambung KGPAA Mangkoenagoro X.

KGPAA Mangkoenagoro X mengungkapkan, rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267 yaitu Sumunar Mangkunegaran (17 Maret – 28 April 2024), Mangkunegaran MakaN-MakaN (27-28 April), Royal Dinner Mangkunegaran (27 April), Mangkunegaran Run in Solo (28 April) dan Mangkunegaran Laras Hati (28 April).

Baca Juga :  Surabaya tercatat Pengaduan Korupsi Tertinggi di Jatim, Ini Klarifikasi Walikota Eri!

Sementara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi event Adeging Mangkunegaran yang memberikan dampak luar biasa terhadap masyarakat Solo dan sekitarnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkot Solo dan Mangkunegaran sangat intens dalam meningkatkan potensi pariwisata di Solo.

“Kami sangat senang dengan adanya event Adeging Mangkunegaran ini karena sudah terlihat dampaknya yaitu jumlah wisatawan ke Solo meningkat dan multiplier effectnya juga sudah dirasakan oleh UMKM,” kata Gibran.

Di kesempatan yang sama, Direktur Hukum dan Kepatuhan Permata Bank Dhien Tjahajani mengungkapkan dukungan PermataBank dalam acara Adeging Mangkunegaran ke-267.

Dhien Tjahajani menegaskan, ini merupakan suatu kehormatan karena untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Keraton Mangkunegaran mendukung salah satu agenda budaya terkemuka di Indonesia.

“Sebagai komitmen PermataBank dalam memberikan nilai yang bermakna melalui pelayanan kami, kerja sama ini dilakukan untuk mendorong dampak sosial yang positif,” kata Dhien.

“Sekaligus melestarikan kebudayaan dan merangkul beragam komunitas serta masyarakat melalui berbagai kegiatan, termasuk seni, olahraga, dan pengembangan UMKM yang terintegrasi dalam perayaan potensi pariwisata yang unggul,” sambung Dhien.

Baca Juga :  Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, Pustu ILP Simolawang Resmi Diluncurkan

Selama penyelenggaraan Adeging Mangkunegaran ke-267, masyarakat juga dapat menikmati layanan perbankan yang dihadirkan melalui produk-produk berinovasi dari PermataBank.

Seperti PermataME, PermataQR, dan kemudahan mobile banking PermataMobile X yang menjadi pendukung transaksi keuangan selama acara berlangsung.

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti lomba lari Mangkunegaran Run in Solo yang didukung oleh PermataBank juga mendapat respon positif dengan ditambahnya kuota lari sehingga dapat menjangkau masyarakat peminat olahraga yang lebih luas lagi.

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan DNC Soenardi Pardi juga berharap, Adeging Mangkunegaran ke-267 bisa membuat masyarakat terlibat dalam acara ini.

“Dengan adanya acara ini tentu akan ada gangguan yang dialami masyarakat seperti penutupan jalan dan lain-lain. Tapi kami akan berupaya meminimalisir gangguan ini dan berharap masyarakat mau terlibat di acara yang menggembirakan ini,” kata Soenardi.

Begitu juga, COO & Co-founder Katadata Indonesia Ade Wahjudi juga mengungkapkan, Pura Mangkunegaran memiliki peran penting dalam melestarikan nilai-nilai dan tradisi kebudayaan Jawa.

Baca Juga :  E-Katalog Adalah Upaya Transparansi dan Pencegahan Korupsi di Pilkada Serentak 2024

“Meskipun terbuka terhadap modernisasi, Pura ini telah menjaga identitasnya dengan memadukan unsur-unsur budaya Barat dan Jawa,” kata Ade.

Sebagai sebuah perusahaan media yang berbasiskan data, Katadata ingin berkontribusi terhadap upaya bersama dalam melestarikan budaya lokal. Karena itu, kami sangat senang ketika tahun lalu diajak oleh Kanjeng Gusti untuk berkolaborasi dalam Adeging Mangkunegaran.

“Kami berharap, langkah kecil ini bisa menjadi sebuah lompatan besar untuk merawat, menjaga dan tentunya melestarikan budaya, tidak hanya di Solo tapi juga di daerah lainnya,” ungkap Ade.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso, mengatakan, sebagai BUMN Pertamina punya tugas untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Salah satunya adalah dengan berpartisipasi di konser Laras Hati Mangkunegaran yang jadi bagian dari Adeging Mangkunegaran ke-267.

“Musisi Yura Yunita, Kahitna, Tipe X, FSTVLST dan Sisitipsi ikut meramaikan Adeging Pura Mangkunegaran ke-267. Para musisi akan hadir pada Minggu, 28 April 2024. Nanti tiketnya juga bisa dibeli melalui MyPertamina, ” ujarnya. (dk/chandra)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *