Pesantren Ramadhan di SMPN 1 Sumbergempol: Meningkatkan Semangat Siswa dalam Ibadah Puasa

DAERAH, PENDIDIKAN356 Dilihat

Diagram Kota Tulungagung – Selama bulan suci Ramadhan, SMPN 1 Sumbergempol di Kabupaten Tulungagung mengadakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan semangat siswa dalam menjalankan ibadah puasa.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sumbergempol, Herry Purnawirawan, didampingi Wakasek bidang humas, Suwoto mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pesantren Ramadhan yang diadakan selama dua hari.

Hal tersebut diharapkan dapat memberikan hikmah dan berkah bagi semua peserta. Terutama shalat tarawih bersama siswa dan siswi. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai 20 Maret 2024.

Selain itu, juga diadakan lomba membuat kaligrafi yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2024. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan kreativitas siswa dalam kegiatan di puasa Ramadhan.

Baca Juga :  Lonjakan Angkutan Kendaraan dan Penumpang dari Jawa ke Bali saat Libur Kenaikan Yesus Kristus

Selanjutnya, para siswa juga melakukan pengumpulan zakat fitrah. Semua kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi siswa dalam menjalankan amal ibadah selama bulan suci Ramadhan.

“Pengumpulan zakat fitrah dilakukan pada Senin, 31 Maret 2024. Kegiatan ini bertujuan agar bulan suci Ramadhan benar-benar bermanfaat bagi siswa dalam menjalankan kewajiban ibadahnya,” kata Herry, Rabu (3/4/2024).

Herry Purnawirawan menyatakan bahwa pesantren Ramadhan yang diadakan selama dua hari tersebut kegiatan pun disusun secara bergilir dengan tata tertib yang ketat melibatkan partisipasi aktif dari seluruh siswa.

“Sekolah juga turut mendukung pesantren kebangsaan dengan mengirimkan siswa ke pondok pesantren di Ngantru, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan LSM Bintara,” ujarnya.

Baca Juga :  Gus Iqdam Pengajian Akbar di Balai Kota Surabaya Bagian Perayaan HUT Kota Surabaya ke-731

Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan semangat dan kecintaan siswa terhadap ibadah puasa Ramadhan semakin meningkat.

“Hal ini juga menjadi wujud nyata dari upaya sekolah dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa di tengah-tengah kehidupan sehari-hari,” tutupnya. (dk/aden)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *