Kekalahan Dramatis Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024 Melawan Uzbekistan

Olah Raga880 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Pada Senin 29 April 2024 Timnas Indonesia U-23 menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. Meskipun menampilkan performa apik, pasukan Timnas Merah Putih harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor akhir 0-2.

Pertandingan ini penuh dengan momen dramatis dan ketegangan yang memukau. Di babak pertama, Uzbekistan mendominasi permainan dengan bola “lengket” di kaki mereka, sulit untuk direbut oleh pemain Indonesia.

Meski demikian, pasukan Merah Putih mampu melakukan serangan balik yang cepat namun belum membuahkan hasil. Di sisi lain, wasit memberikan tiga kartu kuning kepada para pemain, mencerminkan intensitas pertandingan.

Memasuki babak kedua, pasukan Indonesia Muda masih mendominasi permainan meskipun tekanan dari Uzbekistan membuat bola sulit dikuasai. Indonesia bahkan berhasil mencetak gol, namun sayangnya gol tersebut dianulir setelah pengawasan VAR menunjukkan offside.

Uzbekistan akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-68, mengakhiri harapan Indonesia untuk melaju ke final. Usai mencetak angka, semangat pasukan Serigala Putih Muda semakin menggebu-gebu.

Lagi-lagi serangan Uzbekistan nyaris memicu gol. Namun, keberuntungan masih berpihak kepada Indonesia sehingga bola hanya menyentuh mistar gawang atau dieksekusi dengan kurang baik.

Pertandingan kian berjalan sengit. Emosi para pemain kian tak terkendali karena tak mampu mencetak angka. Di menit ke-84, Rizky Ridho malah mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran fatal pada salah satu pemain. Pita kapten pun diserahkan kepada Arhan.

Bersamaan dengan keluarnya Rizky Ridho, Uzbekistan mendapat kesempatan untuk melakukan tendangan bebas. Tendangan yang dilakukan tepat sasaran menuju gawang, tetapi mampu ditepis Ernando.

Tepisan bola disambut baik oleh sundulan pemain lawan. Di sinilah terjadinya miskomunikasi. Sundulan pemain Uzbekistan masih mengenai mistar gawang. Bola yang memantul hendak digenggam Ernando.

Namun, Arhan yang panik malah memasukkan bola ke gawang sendiri. Gol bunuh diri tersebut menambah ketertinggalan Merah Putih. Skor menjadi 2-0 di menit ke-86. Hingga peluit akhir babak kedua, skor tetap 2-0. Ini menandakan kekalahan Garuda Muda dari Serigala Putih Muda.

Dengan menangnya Uzbekistan pada pertandingan malam ini, Serigala Putih Muda telah mengamankan tiket menuju Olimpiade 2024. Mereka juga bakal melaju ke babak final menghadapi jawara laga Jepang vs Irak pada Jumat (3/52024) mendatang.

Meskipun kalah, Merah Putih masih memiliki kesempatan untuk mengecap ajang Olimpiade Paris 2024 melalui opsi peringkat ketiga. Nantinya, Indonesia akan melakoni playoff peringkat ketiga pada Kamis (2/5) di lokasi yang sama, yakni Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Jika berhasil memenangkan laga, maka Indonesia dipastikan lolos otomatis menuju Olimpiade 2024. Apabila gagal, maka tinggal berharap pada laga interkontinental menghadapi wakil Afrika, yakni Guinea.

Susunan Pemain Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta.

Susunan Pemain Uzbekistan: Abduvohid Nematov, Zafarmurod Abdirahmatov, Abdukodir Khusanov, Alibek Davronov, Asadbek Rahimjonov, Abdurauf Bo’riyev, Khojimat Erkinov, Abbosbek Fayzullaev, Umarali Rakhmonaliev, Alisher Odilov, Ulugbek Khoshimov. (dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *