Pedagang PRJ Masjid Agung gelar Baksos Pemeriksaan Mata, DPRD Surabaya sebut Spirit Kejuangan PKL

PERISTIWA DAERAH710 Dilihat

DIAGRAMKOTA.COM – Bekerja sama dengan Surabaya Eye Clinic (SEC) yang berkantor di Jl. Raya Jemursari 108 Surabaya, sekumpulan pedagang yang tergabung dalam “Pangudi Panguripan Sejahtera” menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pelayanan skrining dan pemeriksaan mata gratis bagi masyarakat umum di Pasar Rakyat Jambangan, kawasan Masjid Al Akbar Surabaya.

Mengangkat tema “Berkarya untuk Surabaya”, kegiatan yang merupakan bagian dari upaya meramaikan Pasar Rakyat Jambangan tersebut dilaksanakan pada Minggu, 7 Juli 2024, mulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB.

Layanan kesehatan mata yang disediakan meliputi pemeriksaan kesehatan mata umum, pemeriksaan refraksi mata, tekanan mata, serta skrining katarak.

Efendi Stiawan, ketua perkumpulan pedagang, menjelaskan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen pedagang yang sedang mencari kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Baca Juga :  Kemenkominfo dan UWKS Edukasi Mahasiswa Tentang Bahaya Judi Online

“Untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, kami berinisiatif memberikan layanan kesehatan mata ini, serta beberapa layanan kesehatan lainnya,” ujar Efendi.

Ia juga menambahkan bahwa di event selanjutnya akan ada pemeriksaan darah lengkap dan papsmear bagi ibu-ibu, dengan harapan dapat menyelenggarakan rangkaian kegiatan tersebut secara gratis.

Target dari kegiatan ini adalah para pengunjung Pasar Rakyat Jambangan, sehingga memudahkan mereka untuk memeriksa kesehatan mata dan kesehatan lainnya.

“Kalo badannya sehat, cari duit juga tambah semangat,” kelakar Efendi.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Koperasi atas segala upaya mereka selama ini, serta kepada seluruh pedagang di pasar.

Untuk memeriahkan kegiatan ini, panitia menerbitkan kupon yang bisa dibelanjakan di 200 pedagang yang menjual aneka makanan, minuman, fashion, dan lain-lain.

Baca Juga :  Fenomena Surabaya 'Menggigil', Ini Penyebabnya

Kupon seharga 20 ribu rupiah ini dapat ditebus oleh pengunjung dengan harga hanya 10 ribu rupiah, yang menjadi promosi menarik bagi pengunjung.

Acara ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat, dengan jumlah peserta pemeriksaan mata yang awalnya ditargetkan 50 orang, membeludak hingga 80 peserta.

“Kami mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi dan berkontribusi kepada masyarakat. Harapan kami, aksi sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung pemberdayaan kesehatan di Kecamatan Jambangan melalui program mata sehat ini,” tambah Efendi.

Para pedagang, lanjut Efendi juga berharap kegiatan serupa dapat lebih sering dilakukan untuk mendongkrak penjualan mereka.

Paslah Asyraf Harahap, seorang pelajar SMA yang berusia 16 tahun, mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan ini.

Baca Juga :  RW02 Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Turnamen Futsal U-13 antar RW se Kelurahan Panjang Jiwo

“Saya merasakan sepertinya ukuran kacamata yang saya pakai kurang nyaman. Saat berjalan-jalan di minggu pagi dan mengetahui ada pemeriksaan mata gratis, saya tertarik untuk memeriksakan mata saya,” kata Paslah.

Setelah diperiksa, diketahui bahwa ukuran minus pada kacamatanya bertambah, dan dia disarankan untuk mengganti ukuran tersebut agar dapat melihat dengan lebih baik.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Thony menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

AH Thony, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya

“PKL mempunyai daya juang yang tinggi, dan mandiri. Mereka mampu bertahan di hantaman cuaca, situasi ekonomi, politik bahkan Pungli,” kata A.H Thony, politisi senior partai Gerindra ini.

“Ini merupakan bentuk spirit nilai-nilai kejuangan Pedagang Kaki Lima,” ucapnya. (dk/nw)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *