Indonesia Sabet Juara Umum di ASEAN University Games XXI 2024

DAERAH, Olah Raga715 Dilihat

DIAGRAMKOTA.COM – Kontingen Indonesia mencatat sejarah sebagai juara umum di ASEAN University Games (AUG) ke-21 yang diadakan di Surabaya dan Malang. Prestasi ini merupakan yang ke-11 kalinya bagi Indonesia dalam ajang olahraga antar mahasiswa se-ASEAN tersebut.

Kompetisi ini berlangsung dari 25 Juni hingga 6 Juli 2024 dan diikuti oleh sebelas negara anggota ASEAN. Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali yang mengesankan, yaitu 126 medali emas, 99 perak, dan 71 perunggu.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menyampaikan rasa terima kasih kepada ASEAN University Sport Council (AUSC) yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai tuan rumah untuk kelima kalinya. “Kerja sama yang kompak dari seluruh pihak, termasuk Bapomi dan sembilan perguruan tinggi di Surabaya dan Malang, telah membuat sekitar 728 pertandingan berjalan lancar,” ujar Suharti dalam konferensi pers di Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu malam, 6 Juli 2024.

Baca Juga :  Pj Gubernur Jatim Buka Musrenbang RSUD Dr. Soetomo 2025: Optimisme Layanan Kesehatan Berkualitas

Presiden AUSC, Prof. Mohd. Ruslim Mohammed, juga mengakui pencapaian Indonesia dalam menyelenggarakan AUG kali ini. “Dua kota dan sembilan venue menjadi tolok ukur baru dalam perhelatan AUG. Ini pencapaian yang baik dan menjadi benchmark bagi negara lain yang akan menjadi tuan rumah di masa mendatang,” tuturnya.

Prof. Nurhasan, Ketua Umum Penyelenggara AUG sekaligus Rektor UNESA, menambahkan bahwa kompetisi kali ini berjalan dengan lancar dan sukses tanpa hambatan berarti. “AUG bukan hanya soal meraih medali, tetapi juga sikap saling menghargai dan sportivitas yang diperlihatkan oleh semua kontingen,” ujar Nurhasan.

Berikut adalah klasemen akhir perolehan medali AUG ke-21 2024:

  • Indonesia: 126 emas, 99 perak, 71 perunggu
  • Thailand: 53 emas, 49 perak, 29 perunggu
  • Malaysia: 38 emas, 47 perak, 62 perunggu
  • Vietnam: 12 emas, 9 perak, 5 perunggu
  • Singapura: 11 emas, 27 perak, 36 perunggu
  • Filipina: 3 emas, 3 perak, 9 perunggu
  • Laos: 3 emas, 2 perak, 6 perunggu
  • Myanmar: 2 emas, 8 perak, 1 perunggu
  • Kamboja: 1 emas, 5 perak, 3 perunggu
  • Brunei Darussalam: 1 emas
  • Timor-Leste: 1 perak, 9 perunggu
Baca Juga :  Diskominfo Kota Kediri Perangi Entitas Keuangan Ilegal dengan Strategi Baru

Keberhasilan ini menunjukkan kekuatan Indonesia di bidang olahraga mahasiswa dan juga kemampuan sebagai tuan rumah yang kompeten dan sukses. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para atlet dan pelatih untuk terus berprestasi di tingkat internasional. (dk/yud)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *