Program Mudik Gratis BUMN: Komitmen Erick Thohir Memberikan Manfaat bagi Masyarakat Indonesia

PEMERINTAHAN818 Dilihat

Diagram Kota Jakarta – Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu bentuk komitmen Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

“BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus meningkatkan kinerja dan membuat program-program yang berpihak kepada masyarakat,” ujar Erick melalui keterangan di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Program mudik gratis ini juga merupakan komitmen dari Kementerian BUMN dan korporasi BUMN dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik.

Dengan adanya program mudik gratis ini, diharapkan tercipta perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi para pemudik. Peningkatan jumlah pemudik hingga 22 persen tahun ini menunjukkan bahwa program ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Pemerintah Akhirnya Mencabut Pembatasan Barang Bawaan PMI dari Luar Negeri

Menteri BUMN telah memastikan bahwa semua persiapan untuk program mudik bersama tahun ini dilakukan dengan baik. Persiapan tersebut meliputi penyiapan armada transportasi, pengaturan rute perjalanan, hingga penyediaan fasilitas dan pelayanan yang memadai selama perjalanan.

Sebanyak 84 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN siap menyambut dan melayani lebih dari 80.215 pemudik dengan menggunakan 1.225 unit bus, 60 unit kereta api, dan 15 unit kapal laut. Tujuan perjalanan tersebar di lebih dari 200 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu inovasi yang dihadirkan dalam program Mudik Bersama BUMN 2024 adalah pelayanan khusus bagi pemudik disabilitas. BUMN telah menyiapkan bus khusus yang dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi pemudik disabilitas.

Baca Juga :  Pertamina Menjamin Stabilitas Harga Bahan Bakar Minyak di Tengah Konflik Iran-Israel

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memastikan bahwa semua pemudik, tanpa terkecuali, dapat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman dan tanpa hambatan.

Selain itu, BUMN juga berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dengan menyediakan moda bus berbasis listrik. Hal ini merupakan langkah positif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Program ini tidak hanya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemudik, tetapi juga menunjukkan kepedulian BUMN terhadap masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus, seperti pemudik disabilitas.

“Program mudik gratis BUMN bukti nyata dari upaya pemerintah dan BUMN untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia. Diharapkan program ini terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat di masa depan,” tandasnya. (dk/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *