Mengapa Orang Berhenti Merokok Merasa Sulit?

SERBA-SERBI758 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Berhenti merokok adalah tantangan yang besar bagi banyak orang, dan sulitnya bisa menjadi alasan mengapa banyak orang tidak bisa melakukannya.

Menurut Fitri Dona Nainggolan, Spesialis Kesehatan Jiwa Sp. 2 dari Ikatan Alumni FKUI tahun 2023 Kelompok Staf Medis (KSM), ada beberapa alasan mengapa berhenti merokok bisa sangat sulit.

Pertama-tama, ketika seseorang berhenti merokok, mereka mungkin merasa nyaman dan rileks dengan kebiasaan tersebut. Namun, ketika mereka tidak merokok, mereka mungkin merasa ketegangan dan emosinya menjadi sensitif.

“Ini bisa menyebabkan mereka merasa mudah marah dan kesulitan untuk mengontrol emosi mereka,” kata Dona secara daring, Senin (27/5/2024).

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa 75% orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan minggu keempat.

Oleh karena itu, pada minggu keempat seringkali menjadi saat di mana banyak orang yang mencoba berhenti merokok akan kembali pada kebiasaan awalnya dengan merokok.

“Ketika orang yang berhenti merokok tantangannya besar bukan hanya dari diri sendiri, tapi lingkungan juga. Berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang berhenti merokok akan mengalami kekambuhan lagi pada minggu keempat,” ungkapnya.

Ini berarti bahwa banyak orang yang mencoba berhenti merokok tidak bisa melakukannya dan kembali pada kebiasaan awal mereka. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang untuk membuat berhenti merokok lebih mudah.

Misalnya, mereka dapat mencoba mengalihkan perasaan atau pikiran saat ingin merokok dengan melakukan kegiatan lain yang positif, seperti makan makanan sehat, berolahraga, atau berbicara dengan keluarga dan teman.

Jika seseorang mengalami kesulitan dalam berhenti merokok, mereka dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa bagian adiksi untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan tambahan.

Pada akhirnya, berhenti merokok bisa menjadi tantangan yang besar, tetapi dengan pemahaman tentang penyebabnya dan mengambil langkah-langkah untuk membuatnya lebih mudah, dan mencapai keberhasilan dalam berhenti merokok. (dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *