BMKG: Beberapa Kota di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat Suhu Panas Maksimum Mencapai 34 Derajat Celsius 

Diagram Kota Jakarta – Pada hari Senin 1 Juli 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi bahwa beberapa kota besar di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat mengalami suhu panas maksimum harian mencapai 34 derajat Celsius.

Menurut Pusat Meteorologi Publik BMKG yang diterima di Jakarta, mayoritas wilayah termasuk Kota Semarang, Surabaya, Majalengka, dan Sumbawa telah mengamati kondisi suhu panas maksimum tersebut dalam 24 jam terakhir.

Tim Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Fenomena Khusus BMKG menganalisis data dan menemukan bahwa suhu panas maksimum mencapai 34,8 derajat Celsius di Stasiun Klimatologi Jawa Tengah di Semarang dan 34,6-33,2 derajat Celsius

Juga di sebagian besar wilayah lainnya termasuk Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Suhu panas maksimum tersebut disebabkan oleh gerakan matahari yang semakin dekat dengan ekuator, seperti yang dilaporkan oleh tim meteorologi BMKG sebelumnya.

Fenomena ini menandakan bahwa musim kemarau telah datang di Indonesia dan diprediksi akan mencapai puncaknya pada Juli-September 2024.

Untuk mengurangi dampak suhu panas, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi air mineral secara cukup dan teratur untuk mencegah dehidrasi, terutama saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

Selain itu, menggunakan perlindungan seperti topi, payung, kacamata hitam, tabir surya, atau menghindari kegiatan di luar ruangan pada siang hari jika tidak perlu juga dapat membantu melindungi dari paparan sinar matahari dan ultraviolet (UV).

Di sisi lain, BMKG juga mengimbau masyarakat tidak sembarang melakukan pembakaran sampah atau sebagainya, dan kepada pemerintah daerah untuk juga mengintensifkan pengawasan guna menghindari kebakaran.

Penyiraman darat sangat diperlukan demi mengurangi potensi kebakaran akibat terik matahari pada kawasan hutan, dan lahan mineral seterusnya.

BMKG memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang aktual setiap harinya terkait hasil analisa suhu panas dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *