Tips dari Devina Hermawan Mengatasi Bau Menyengat Daging Kambing

SERBA-SERBI664 Dilihat

Diagram Kota Jakarta – Bagi sebagian orang, mengolah daging kambing menjadi hidangan lezat bisa menjadi tantangan tersendiri. Bau yang menyengat, bahkan setelah dimasak, seringkali mengurangi selera makan. Namun, tak perlu khawatir!

Koki selebritas Devina Hermawan memiliki tips jitu untuk mengatasi masalah ini. Devina menyarankan untuk merebus daging kambing terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut.

Proses perebusan ini membantu mengurangi bau menyengat yang melekat pada daging. Selain itu, membalur daging dengan tepung dan membilasnya dengan air juga dapat membantu menghilangkan bau.

“Bisa disiasati dengan kambing diolah direbus atau dibalur tepung dan dibilas, dan dimasak dengan bumbu aromatik yang cukup kuat juga sehingga aromanya balance,” kata Devina saat ditemui awak media di Jakarta, dikutip diagramkota.com Minggu (16/6/2024).

Yang terpenting adalah menggunakan bumbu aromatik yang kuat. Bumbu seperti jahe, lengkuas, serai, dan daun jeruk dapat membantu menutupi bau kambing dan memberikan aroma yang lebih sedap.

Devina mengatakan memilih daging kambing memang memiliki cara tersendiri karena jika tidak tepat dalam mengolahnya akan menimbulkan bau yang sering tidak disukai orang.

Ia mengatakan daging kambing yang memiliki aroma kuat biasanya ada di sekitar dekat tulang. Namun kembali lagi ke selera masing-masing yang terkadang tidak masalah dengan aroma kambing yang khas.

“Biasanya pengolahan daging sapi ada has dalam sineret kalau ke tukang sate, tapi itu sangat jarang, biasanya aromanya nggak terlalu tajam jadi ditusuk mentah di sate dia enak, cuma memang kalau pas daging lain di kambing terutama dekat tulang itu aromanya lebih kuat, tergantung selera,” kata Devina.

Seperti halnya daging sapi, bagian daging kambing yang lembut juga ada di bagian has dalam, bagian ini memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat.

Selain itu bagian paha dan has luar juga bisa digunakan untuk mengolah daging kambing yang lembut karena selain empuk, bagian ini juga besar sehingga mudah untuk memotongnya.

Agar aroma daging kambing yang kuat tertutup, daging bisa diolah menggunakan bumbu aromatik yang cukup kuat seperti ketumbar, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan air perasan asam jawa atau jeruk nipis sebagai bahan marinasi.

Lalu daging bisa dikreasikan menjadi hidangan seperti sate kambing Maranggi atau tongseng dengan kuah santan.

Dengan mengikuti tips dari Devina Hermawan, Anda dapat menikmati hidangan kambing yang lezat dan bebas dari bau menyengat. Selamat mencoba! (dk/ria)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *