Soliditas PDIP-Gerindra di Jatim: Sepakat Koalisi di 16 Kota/Kabupaten

POLITIK766 Dilihat

DIAGRAMKOTA.COM – Semangat kebersamaan menjadi salah satu hasil utama dari pertemuan silaturrahmi yang dilakukan oleh PDI Perjuangan (PDIP) dengan Partai Gerindra di Kantor DPD Partai Gerindra Jatim, Senin (10/06/24) malam.

Dalam pertemuan tersebut, kedua partai yang merupakan pemenang kedua dan ketiga hasil Pemilu Legislatif 2024 di Jatim sepakat untuk berkoalisi dalam Pilkada serentak 2024 di 16 dari 38 kota/kabupaten di Jatim, termasuk di Kabupaten Ngawi, Mojokerto Raya, Nganjuk, Sumenep, dan Bangkalan.

“Semangat kita adalah membangun kabupaten/kota di provinsi Jatim untuk mendapatkan pemimpin terbaik, sehingga memajukan provinsi Jatim,” ujar Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Kharisma Febriansyah, Senin (10/06/24).

Kharisma menambahkan bahwa banyak daerah di Jatim yang memiliki kesamaan visi dan misi antara Gerindra dan PDIP. Namun, ada beberapa yang masih belum menemukan titik temu, seperti untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim dan Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya.

Baca Juga :  MAKI Jatim Akan Gelar FGD Angkat Tema “ Membedah Potensi Korupsi Dalam Pengelolaan Anggaran KPU Se Jatim”

“Keputusan koalisi ada di tingkat pusat (DPP). Jadi, kita sebagai pengurus daerah hanya memberikan rekomendasi kepada DPP,” jelas Kharisma.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Budi Kanang Sulistyono, menambahkan bahwa ada tiga poin utama dalam pertemuan ini. Pertama, antara PDI Perjuangan dan Partai Gerindra membangun koalisi dan mengusung pasangan calon. Kedua, mendukung pasangan calon yang tidak berasal dari PDI Perjuangan maupun Partai Gerindra.

“Ketiga, ayo kita bersama-sama, tapi tidak sambung. Tapi kalau tempur tidak usah kencang-kencang. Maka ini kita kompromikan,” ujarnya.

Mantan Bupati Ngawi dua periode ini menegaskan bahwa salah satu pembahasan teknis dalam pertemuan ini adalah tentang tata etika politik saat gelaran Pilkada serentak.

Baca Juga :  MAKI Jatim Akan Gelar FGD Angkat Tema “ Membedah Potensi Korupsi Dalam Pengelolaan Anggaran KPU Se Jatim”

“Kita sama-sama nasionalis. Sama-sama ingin wilayah tidak berdarah-darah dan tidak ada bekas ketika pertempuran selesai dan kembali kondusif. Maka, kalau kita komunikasikan dan janjian, ya selesai. Ada ring yang tidak ada dendam lagi setelah ada pemenangnya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, PDIP Jatim terus melakukan silaturrahmi membangun komunikasi menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dengan mendatangi Partai Gerindra di kantornya, Senin (10/06/24) malam.

Dipimpin oleh Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Budi Kanang Sulistyono, rombongan PDIP Jatim, termasuk Sekretaris Sri Untari Bisawarno, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Deni Wicaksono, dan Ketua BSPN Hari Ketjeng Yulianto, diterima oleh Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Kharisma Febriansyah, Bendahara Ferdians Reza Alvisa, dan Ketua OKK Hidayat.

Baca Juga :  MAKI Jatim Akan Gelar FGD Angkat Tema “ Membedah Potensi Korupsi Dalam Pengelolaan Anggaran KPU Se Jatim”

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, PDIP melalui Sekretarisnya Sri Untari Bisawarno menyerahkan lukisan Bung Karno kepada Sekretaris Partai Gerindra Jatim, Kharisma Febriansyah. “Kita serahkan foto Bung Karno titip pesan kepada Pak Prabowo agar memimpin seperti Bung Karno menjalankan amanat penderitaan rakyat,” kata Untari.

Sebagai balasan, Partai Gerindra menyerahkan buku bergambar Prabowo Subianto dengan judul “Prabowo: Rekam Foto Sang Patriot”, yang diberikan oleh Kharisma Febriansyah kepada Wakil Ketua DPD PDIP, Budi Kanang Sulistyono. (dk/nw)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *