Menjaga Kesehatan Kulit Wajah: Tips dari Dokter Farhan Zubedi

Kesehatan541 Dilihat

Diagram Kota Jakarta – Dokter Farhan Zubedi, seorang dermatologi dari Universitas Syiah Kuala, baru-baru ini berbicara dalam konferensi pers di Jakarta tentang beberapa indikator kulit wajah yang sehat.

“Kesehatan kulit itu tidak ditentukan dari warna. Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau kanan, harus putih, bening. Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit sehat atau tidak,” kata kreator konten kesehatan itu, Minggu (9/6/2924).

Menurutnya, beberapa indikator tersebut termasuk permukaan kulit yang tidak kusam, produksi sebum yang terkontrol, kulit yang terhidrasi, dan tekstur yang kenyal.

Selain itu, ia juga menyoroti bahwa tanda penuaan kerutan di dahi atau pipi juga merupakan indikator kesehatan kulit. Dokter Farhan menekankan bahwa kesehatan kulit tidak ditentukan oleh warna, dan bahwa kita harus bergerak dari standar kecantikan yang ekstrem.

Baca Juga :  Pelepasan Siswa, SDN Kertajaya I Deklarasi Sekolah Ramah Anak

“Kalau skin pigmention (pigmentasi kulit) itu bukan untuk melihat kulit sehat. Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit yang gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin yang tinggi,” katanya.

Ia mengatakan bahwa melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak paparan sinar ultraviolet hingga polusi.

“Makanya, kalau kita kena sinar matahari, kelihatan, kehitaman, itu sebenarnya adalah reaksi tubuh melindungi kita karena melanin yang meningkat,” katanya.

Dokter Farhan juga menekankan pentingnya membersihkan wajah dengan baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Saat membersihkan riasan, ia menyarankan agar tidak menggunakan kapas yang sama untuk bagian wajah yang sama untuk mencegah riasan menempel.

Baca Juga :  Pelepasan Siswa, SDN Kertajaya I Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Sebaliknya, ia menyarankan agar menggunakan satu kapas untuk satu kali usapan dan menggantinya dengan sisi lainnya atau menggunakan sisi yang lain.

“Jadi, kalau bisa satu kapas untuk sekali usap. Jadi, ganti dengan sisi lainnya, kan itu tebal, atau pakai sisi yang lain. Tapi, kalau bisa jangan lewati dengan bagian yang sama,” ia menambahkan.

Dokter Farhan Zubedi menekankan pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah dan memberikan beberapa tips praktis untuk melakukannya. Dengan mengikuti tips ini, kita dapat menjaga kulit wajah kita terlihat sehat, terhidrasi, dan kenyal. (dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *