Lorca Biru 15 Tahun Berkarier Desainer Interior Raih 10 Penghargaan Internasional Bergengsi

ENTERTAINMENT259 Dilihat

Diagram Kota Solo – Lorca Biru, setelah 15 tahun berkarier di Australia, ia sukses membangun reputasinya sebagai desainer interior internasional. Sepanjang kariernya, Lorca telah meraih 10 penghargaan bidang interior design, dengan 7 diantaranya meraih predikat terbaik (award winning). Layak kiranya, jika label Multi Award Winning Interior Designer dia sandang.

Penghargaan pertama ia raih pada tahun 2015 yakni International Green Interior Award dan Vivid Design Competition Australia, dimana dia terpilih sebagai global finalist dan nationalfinalist.

Sementara capaian sebagai pemenang penghargaan pertama kali dia raih pada tahun 2017 yakni pemenang HIA Award dan Houzz Award. Penghargaan Houzz Award kembali dia raih di tahun 2018.

Kesuksesannya berlanjut dengan menjadi finalis INDE Award 2023, dua kali memenangi penghargaan bergengsi Good Design Award tahun 2020 dan 2022, dan dua kali menjadi yang terbaik dalam APAC Insider Australian Enterprise Award tahun 2023 dan 2024.

Penghargaan terbaru, yang diraih tahun 2024 ini menobatkan Lorca Biru sebagai Most Exclusive Furniture Design Company. APAC Insider merupakan platform bisnis yang berdiri sejak tahun 2015 dan sudah menerbitkan sebanyak 36 majalah dengan cakupan wilayah di Asia – Pasifik.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Kulit Wajah: Tips dari Dokter Farhan Zubedi

Penganugerahan penghargaan dari APAC Insider ini diselenggarakan setiap tahun dan sudah memasuki edisi ke delapan pada tahun 2024 ini.

“Sebuah kebanggaan tentunya,kembali memenangkan penghargaan tingkat internasional, tapi penghargaan ini juga menjadi pemicu bagi saya untuk melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas produk furniture dan interior di Indonesia,” kata Lorca Biru di Solo, Jumat (7/6/2024).

Karena itulah, untuk mendorong peningkatan kualitas produk interior lokal, pihaknya melalui pabrik interior “Kebonne Totok”, mengadopsi teknologi, mesin, dan SOP kerja pabrik interior dari Australia untuk diterapkan di Indonesia.

Hal ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk mulai menaikkan standart kualitas produk interior di Indonesia.

“Bahkan untuk pasar domestik sekalipun, perlu adanya peningkatan kualitas produk agar bisa bersaing di pasar global,” ujarnya

Menurut dia, perkembangan desain interior di Indonesia mengalami trend positif, ditandai dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun interior rumah yang tidak hanya fungsional tetapi juga mempertimbangkan sisi estetika.

Lorca menjelaskan, perbedaan mendasar dari standart operasional produksi interior diAustralia dibandingkan di Indonesia yakni, hampir semua proses produksi di Australiadilakukan dengan mesin, dengan perhitungan ukuran yang presisi.

Baca Juga :  Pelepasan Siswa, SDN Kertajaya I Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Sedangkan, masih banyak produsen interior di Indonesia yang dilakukan secara manual, dan mengandalkan keterampilan tukang.

“Kalau di Australia, proses manualnya hanya saat perakitan danpacking saja, selebihnya memakai mesin,” kata Lorca.

Menurutnya karena tingkat keterampilan dari tukang yang beragam, sulit untuk membuat standarisasi yang terukur tentang kualitas pekerjaan interior dan furniture di Indonesia.

“Berbeda jika dilakukan dengan mesin, semuanya terukur, presisi, sehingga kita bisamenetapkan standarisasi dan membuat SOP produksi,” jelasnya.

Selain itu, produksi dengan mesin ini bisa meningkatkan efisiensi kerja saat produksi, sehingga produksi bisa diselesaikan lebih cepat.

Membuka Peluang Kolaborasi Untuk mendukung upaya peningkatan kualitas produksi interior dan furnitur di pasardomestik, Lorca membuka pintu kolaborasi seluas-luasnya untuk desainer interior lokal.

Pihaknya siap membantu desainer interior lokal dari sisi produksi interior dan furniture, agar standart produksi desainer interior lokal juga meningkat kualitasnya. Harapannya, muncul desainer-desainer interior Indonesia lain yang mampu berprestasi dan bersaing secara global.

“Melalui Kebonne Totok, kami membuka ruang kolaborasi dengan desainer interior di Indonesia, yang ingin meningkatkan kualitas produknya. Kami siap membantu dengan menjadi partner produksi interior dan furniture untuk Desainer Interior di Indonesia, harapannya ke depan kita bisa saling support dan maju bersama,” jelasnya.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Kulit Wajah: Tips dari Dokter Farhan Zubedi

Dirinya meyakini, banyak potensi-potensi yang terpendam dari para desainer interior lokal. Bisa jadi kratifitas dari para desainer ini kurang muncul karena tidak didukung dengan lini produksi yang mumpuni.

Dengan langkah kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi desainer interior lokal untuk bersaing di tingkat internasional secara kualitas produk maupun desainnya.

Prestasi yang didapat Lorca Biru sebagai berikut ; International Green Interior Award 2015 – Global Finalist.

VIVID Design Competition Australia 2015 – National Finalist. HOUZZ Award 2017 – Winner. HIA Award 2017 – Winner. HOUZZ Award 2018 – Winner. Good Design Award 2020 – Winner.Good Design Award 2022 – Winner.

Juga APAC Insider Australian Enterprise Award 2023 – Winner. INDE Awards 2023 – International Shortlisted. APAC Insider Australian Enterprise Award 2024 – Winner. (dk/chandra)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *