Ketua TP PKK Sidoarjo Ning Sasha: Program SOTH Bekal Pola Asuh Anak untuk Cegah Stunting

DAERAH559 Dilihat

Diagram kota Sidoarjo – Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor selaku ketua TP PKK Kab. Sidoarjo menjelaskan bahwa program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) menjadi bekal para orang tua untuk mengasuh anak-anaknya agar menjadi generasi penerus yang hebat dan sehat. Ia juga menekankan dalam mengasuh anak dibutuhkan dua asupan yaitu asupan nutrisi dan asupan rohani.

 

“Ada dua asupan yang dibutuhkan seorang anak yakni Asupan nutrisi dan asupan rohani, dua asupan tersebut memiliki jumlah persentase yang sama banyak. Asupan nutrisi digunakan agar anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan dapat beraktivitas dengan normal dan asupan rohani digunakan agar anak memiliki kepribadian yang baik,” ucap Ning Sasha sapaan akrab istri Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat acara Wisuda SOTH di Kec. Tulangan pada Kamis (7/3/2024).

Baca Juga :  Kesiapan Hukum Bupati Sidoarjo dalam Menghadapi Kasus Pemotongan Insentif ASN

 

Kepala Dinas P3AKB, Heny Kristiani mengatakan bahwa program SOTH merupakan instruksi dari BKKBN Prov. Jatim. Di Kab. Sidoarjo SOTH tahun ini bukan yang pertama, namun sudah pernah dilaksanakan di tahun sebelumnya.

 

“Program SOTH yang kami lakukan merupakan hasil kolaborasi Pemkab Sidoarjo dengan stakeholder yang memiliki tujuan untuk mencapai Sidoarjo bebas stunting” ujar Heny Kristiani.

 

Dinas P3AKB menggandeng tim percepatan penurunan stunting dan akademisi untuk mempercepat penurunan angka stunting di Kab. Sidoarjo melalui program SOTH.

 

“Hal yang membedakan dengan tahun sebelumnya adalah SOTH tahun 2024 memiliki jumlah kuota peserta lebih banyak daripada tahun kemarin” imbuhnya.

 

Program SOTH memberikan materi tentang bagaimana menjadi orang tua dalam mendidik anak, bagaimana cara membentuk karakter anak dan bagaimana anak menjadi sehat.

Baca Juga :  Meriahnya Acara Halal Bihalal di SDN 1 Kampung Dalam Kecamatan Kota Tulungagung

 

Kusmiati selaku peserta wisuda SOTH dari Desa Grabagan, Kec. Tulangan menyampaikan bahwa Program SOTH memiliki banyak manfaat untuk mendidik anak.

 

“Saya beruntung sekali dapat menjadi bagian dari program SOTH yang diadakan oleh Pemkab Sidoarjo karena banyak materi tentang ilmu parenting yang belum saya ketahui. Saya memiliki seorang cucu, sehingga ilmu yang saya dapatkan dari program SOTH ini akan saya praktekkan ke cucu saya dan oranag-orang di sekitar saya” ucapnya. (Dk/di)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *