Pentingnya dan Manfaat Dari Belajar Pajak Yang Dapat Diperoleh

DAERAH, PENDIDIKAN643 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Begitu menariknya semua hal yang terkait dengan pajak yang musti dipahami oleh semua wajib pajak. Sudah umum bahwa masyarakat mengenal pajak hanyalah tradisi membayar sejumlah pungutan kepada pemerintah, tanpa mengerti dasar serta maksud dan tujuan dari pembayaran pajak.

Nah, ketidaktahuan atau abai akan pajak inilah yang membuat banyak orang tidak memenuhi kewajiban untuk membayar pajak secara baik dan benar, yang pada akhirnya membawa potensi resiko berurusan dengan hukum dan petugas pajak.

Baca Juga :  Prabowo-Gibran Dijadwalkan Hadiri Rakornas Tim Kampanye Nasional

Sadar atau tidak, mau atau tidak, pajak saat ini memegang peranan utama dalam struktur pembiayaan Negara seluruhnya, dan pajak akan selalu dinamis mengikuti pola bisnis yang berkembang di masyarakat.

Pajak tidak cukup hanya dimengerti, namun lebih dalam harus dipelajari dan dipahami secara komprehensif dari aspek hukum pajak, dasar pengenaan pajak, penetapan pajak, sengketa pajak, dan hak-hak wajib pajak.

Selain untuk kesadaran pribadi, belajar pajak juga memberikan manfaat lain akan makna sebenarnya dari pajak, fungsi pajak, sanksi bagi pelanggar dan semua yang berkaitan dengan perpajakan.

Selain itu masih banyak lagi manfaat lain yang dapat diperoleh dari belajar pajak, terutama untuk karir seseorang, karena alasan inilah banyak orang yang kemudian mengikuti kelas brevet untuk mempelajari tentang perpajakan.

Baca Juga :  Prabowo-Gibran Dijadwalkan Hadiri Rakornas Tim Kampanye Nasional

Beberapa manfaat dari belajar pajak yang dapat diperoleh:

Menambah protofolio. Dengan adanya sertifikat pernah mengikuti kelas brevet atau belajar pajak  maka akan menjadi daya tarik tersendiri saat melamar kerja di perusahaan. Sehingga peluang diterima akan semakin besar.

Belajar pajak dan memahaminya akan semakin memudahkan tugas dan kerja bagi Anda para karyawan yang menduduki posisi accounting dan pajak.

Bagi para manager atau pemimpin di sebuah perusahaan mengerti ilmu perpajakan akan membuat mereka lebih dapat mengontrol pekerjaan anak buah atau karyawan mereka.

Dengan belajar pajak juga dapat menciptakan staff yang terampil perpajakan dan dapat memandu wajib pakah dalam pelaksanaan hal dan kewajiban perpajakan.

Baca Juga :  Prabowo-Gibran Dijadwalkan Hadiri Rakornas Tim Kampanye Nasional

Menjadi konsultan pajak, baik untuk pribadi maupun untuk badan sangat dibutuhkan pada saat ini. Untuk belajar pajak tidak dilakukan lebih efektif karena banyak sekali lembaga yang menyelenggarakan kursus pajak dengan metode-metode praktis dan aplikatif.

Metode belajar tersebut jauh lebih efisien dibandingkan harus mengikuti kuliah khusus atau belajar otodidak dengan menggunakan banyak sumber yang bisa jadi tidak valid. (dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *