Khofifah Buka Jambore Jatim 2023

Berita, PENDIDIKAN209 Dilihat

Diagram Kota Tuban – Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo Tuban, Senin (2/10/2023) malam yang diselenggarakan Kwarda Pramuka Jatim.

Dimana pembukaan acara Jambore 2023 di Tuban, ini ditandai dengan dinyalankan api unggun oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, didampingi oleh Ketua Kwarda Jatim, Arum Sabil, Bupati Tuban Aditya Halindra Farsidzky. Jambore 2023 ini dilaksanakan mulai Senin 2 Oktober – Sabtu 7 Oktober 2023.

“Alhamdulillah pertemuan jambore 2023 di Tuban sungguh luar biasa dan antusias sekali disambut masyarakat Tuban dan peserta Jambore dari 38 kab/kota. Dimana pertemuan Jambore ini bukan hanya fisik saja tapi juga pertemuan pikiran, gerakan dan juga pertemuan kebangsaan diantara kita semua serta juga terutama penggalang pramuka,”kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat pembukaan di hadapan peserta Jambore 2023.

Dikatakannya, Gubernur Khofifah negara Indonesia di usianya yang ke-100 tahun akan menjemput generasi emas 2045. Oleh karena itu, generasi Pramuka terutama tingkatan penggalang bisa menyambut dan memanfaatkan momen emas tersebut.

“Pertemuan jambore 2023 ini diikuti peserta yang masih berusia 13 -15 tahun begitu juga penggalang. Mudah – mudahan peserta yang hadir di Jambore ini bisa sukses menjadi calon pemimpin bangsa seperti Bupati, Walikota, Gubernur, DPRD, Dosen, TNI, Polri, menteri bahkan Presiden,”ucap Gubernur Khofifah yang langsung diamini oleh peserta Jambore Jatim 2023.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan Indonesia Emas 20245 Gubernur Khofifah berpesan kepada peserta Jambore. Yaitu Jauhi bahaya Narkoba, Jangan berpacara dulu, kemudian berbakti dan hormati kedua orang tua serta juga para guru pendidik. “Pesan saya tadi merupakan kunci untuk menjadi sukses dan generasi emas Indonesia,”katanya.

Selain itu juga Gubernur Jatim Khofifah, menyampaikan disetiap gerakan pramuka pasti memiliki napas patriotiknya kuat, disetiap keluarga pramuka pasti memiliki gerakan didasari Pancasila. Dan juga Pramuka pandai bersholawat.

“Mudah – mudahan dari bumi perkemahan Ngawun Abilowo Tuban menghasilkan pikiran – pikiran besar, dan membawa Jawa Timur, dan kabupaten Tuban menjadi berjaya serta barokah. Begitu juga hasil Jambore 2023 bisa juga membawa Pramuka Indonesia menjadi berjaya di dunia,”pungkas Gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Ketua Kwarda Jatim, Arum Sabil mengatakan Jambore Jatim 2023 merupakan perkemahan akbar Pramuka Penggalang se-Jawa Timur yang digelar Kwarda Pramuka Jatim setiap 5 tahun sekali.

Tujuannya adalah membentuk perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, mengamalkan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka, serta mengembangkan Pramuka Penggalang Jatim sebagai generasi emas Bangsa Indonesia yang berkarakter Pancasila untuk dapat menjadi pribadi yang produktif. Tema Jambore Jatim 2023 adalah Produktif, yaitu Patriotik, Religius, Edukatif dan Inovatif.

“Terima Kasih Gubernur Khofifah Indar Parawansa, yang membimbing perjalanan Pramuka di Jawa Timur. Serta mendukung penuh, sehingga pramuka Jatim tetap Produktif. Terima kasih juga kepada Bupati Tuban yang telah menyediakan tempat atau tuan rumah jambore 2023 yang begitu luar biasa,”katanya.(ev/dk)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *