Komisi X Optimis, Erick Thohir Harapan Baru Sepak Bola Indonesia

LEGISLATIF, Olah Raga1094 Dilihat

Diagram Kota Jakarta – Komisi X optimis Erick Thohir, harapan baru sepak bola Indonesia. Pascapergantian Ketua PSSI, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda optimis tentang kemajuan sepak bola Indonesia. Menurutnya, kekacauan lini sepak bola Indonesia selama ini dikarenakan PSSI belum bisa menemukan pemimpin yang memiliki komitmen dan konsisten untuk mengawal agenda perubahan untuk perbaikan sepak bola Indonesia. Namun kali ini, dirinya percaya bahwa Erick Thohir, yang sebelumnya terpilih menjadi Ketua PSSI, memiliki rekam jejak yang mumpuni dalam industri sepak bola.

“Kalau saya ditanya menyangkut sosok Erick Thohir, Erick Thohir punya track record yang saya kira mencukupi dalam industri bola yang kemudian menurut saya dia bisa untuk merubahnya. Apakah kita ada harapan dengan kepemimpinan baru PSSI? Saya bisa jawab kita ada harapan,” ujar Syaiful dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan topik ‘Harapan Kemajuan Sepak Bola dengan Nahkoda Baru PSSI’ di Media Center, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Politisi Fraksi PKB itu menyoroti tiga hal utama terkait perbaikan tubuh PSSI untuk sepak bola Indonesia di masa depan. Pertama, dirinya berfokus pada perbaikan regulasi. Perbaikan regulasi ini akan menyangkut perihal perbaikan atas manajemen pengelolaan sepak bola itu sendiri. Dirinya menyebutkan, bahwa level regulasi sudah diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan serta Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Poin kedua, Syaiful Huda menilai bahwa perbaikan-perbaikan yang ingin dilakukan dalam tubuh PSSI membutuhkan waktu. Oleh karena itu, dirinya berfokus pada pemberian waktu kepada pengurus PSSI yang baru, khususnya Erick Thohir untuk memastikan bahwa semua regulasi yang sudah ada mampu menjawab harapan publik. Syaiful Huda berharap Erick Thohir dapat menyusun kabinetnya dengan baik untuk memastikan bahwa praktik-praktik penyelewengan lama tidak terjadi lagi.

“Harapan publik cukup kuat untuk Pak Erick Thohir. Kita kasih waktu untuk Pak Erick Thohir melakukan perbaikan-perbaikan. Konsentrasi kita soal terselenggaranya kompetisi secara fair, kemudian keamanan dan kenyamanan suporter terlaksana dengan baik, kompetisi yang berjenjang, industri yang perlu diperbaiki serta praktik ruang yang bersih,” tegasnya.

Selain itu, Syaiful Huda mengungkapkan Komisi X DPR akan segera menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Ketua PSSI Erick Thohir beserta segenap jajaran kepengurusan terpilih. “Sebenarnya, Komisi X DPR RI sebelum Kongres Luar Biasa PSSI mendorong adanya debat kandidat Calon Ketua Umum untuk menyampaikan visi-misinya. Nah waktu itu kita sampaikan ke Pak Iwan Bule namun waktunya saat itu tidak memungkinkan. Publik masih ingin tahu visi-misi Pak Erick Thohir. Maka, melalui RDP nantinya publik dapat mengetahui visi-misi Ketua PSSI terpilih Erick Thohir 5 tahun kedepan,” pungkasnya. (DPR)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *