Masih menggunakan TV Analog Atau TV Tabung, Agar Bisa Menerima Siaran Digital, Cukup Pasang Satu Alat Bernama STB.

TECHNO627 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Seperti diketahui, pada 2 November 2022, Kominfo mengganti siaran TV analog dengan siaran TV digital yang lebih canggih. Untuk Analog Switch Off (ASO) tahap dua telah dilakukan pada 25 Agustus 2022 oleh pemerintah, untuk ASO tahap 1 telah dilakukan juga pada 30 April 2022, dampak ini mencakup 56 wilayah siaran di 166 Kabupaten.

Dalam pelaksanaanya, untuk pergantian siaran analog ke siaran TV digital tersebut baru dilaksanakan di 4 wilayah siaran di 8 Kabupaten/Kota. Kemudian, ASO tahap 3 diterapkan pada 2 November 2022.

Dalam siaran persnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan jika implementasi ASO tersebut bakal sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Berkaitan dengan digitalisasi broadcasting Analog Switch Off, Undang-Undang Cipta Kerja sektor Postelsiar mensyaratkan paling lambat tanggal 2 November 2022 seluruh analog sistem penyiaran nasional kita harus dimatikan dan berpindah ke penyelenggaraan digital broadcasting atau penyiaran digital,” ujar Menkominfo Johnny G Plate sebelumnya.

Untuk daerah di Jawa Timur yang terdampak ASO tahap 2 diantaranya : Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Surabaya

Daerah yang Terdampak ASO Tahap 3 di Jawa Timur – Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Batu, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kota Kediri, Kota Blitar

Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Madiun, Kabupaten, Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun

Bagi yang masih menggunakan TV analog atau TV tabung, agar bisa menerima siaran digital, pastikan di wilayah sudah ada sinyal TV digital. Kemudian untuk beralih dari siaran TV analog ke siaran digital dibutuhkan Set Top Box (STB) yang tersertifikasi oleh Kominfo. STB bisa dibeli secara online maupun di toko elektronik terdekat.(dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *