Hindari Sayur ini Agar Penyakit Asam Urat Tidak Kambuh Lagi, Apakah Sayur Kankung Juga Peyebabnya..?

Kesehatan590 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Selain daging merah dan ikan laut, apa saja sayur pantangan asam urat. Apakah kankung menyebabkan asam urat naik. Pertanyaan apakah kankung menyebabkan asam urat naik. Hal ini wajar saja, karena di masyarakat juga beredar info dari mulut ke mulut bahwa penderita asam urat harus menjauhi kankung.

Banyak masyarakat percaya, sayur kankung menyebabkan asam urat naik. Sehingga, penderita asam urat harus mengurangi konsumsi sayur kankung.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan standar asam urat normal pada wanita antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Sayur penyebab asam urat kambuh, dilansir dari Kompas.com, ada sejumlah sayur penyebab asam urat naik. Namun, dari daftar sayur tersebut, kankung tidak termasuk sayur yang menyebabkan asam urat naik.

Berikut daftar sayur penyebab asam urat naik yang harus dihindari para penderita:

1. Asparagus : Daftar sayur penyebab asam urat naik yang pertama adalah asparagus. Asparagus mengandung purin yang sedang. Batasan konsumsinya disarankan tidak lebih dari 85 gram dalam sehari dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu.

Meski begitu, mengonsumsi asparagus sebagai sumber vitamin B-6, E dan C juga dapat dijadikan sebagai pola makan yang sehat. Caranya yang paling aman adalah dengan mengombinasikan asparagus dengan sayuran lain seperti bawang-bawangan atau okra.

2. Kembang kol : Sayur penyebab asam urat naik yang kedua adalah kembang kol. Batasan mengonsumsi kembang kol yang disarankan adalah 85 gram dan tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya.

Sebagai pengganti kembang kol, akan lebih aman jika mengonsumsi brokoli, karena sayuran berwarna hijau ini memiliki kadar purin yang rendah.

3. Jamur : Sayur penyebab asam urat naik ketiga adalah jamur. Jamur mengandung purin yang tinggi. Pasien asam urat disarankan makan jamur tidak lebih dari 85 gram dan maksimal lima kali dalam seminggu.

4. Bayam : Sayur penyebab asam urat kambuh yang keempat adalah bayam. Bayam diketahui mengandung purin dalam jumlah sedang. Ketika dikonsumsi berlebihan maka dampaknya bisa memicu asam urat melonjak.

5. Kacang polong : sayur penyebab asam urat kambuh yang kelima adalah kacang polong. Kacang polong sering dijumpai dalam sajian tumis-tumisan. Jenis sayuran renyah yang satu ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan.

Batasan konsumsi yang aman adalah 85 gram dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu. Agar asam urat aman terkendali, kita dapat menggantinya dengan sayuran lain yang lebih rendah purin seperti wortel, zucchini atau seledri batang yang lebih aman. Itulah daftar sayur yang mentebabkan penuakit asam urat kambuh. Semoga bermanfaat buat sahabat diagramkota.(dk/akha)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *