Lestarikan Uri-Uri Budaya, Warga Simo Gunung Barat Gelar Kirab Budaya Dan Tumpengan

Uncategorized849 Dilihat

Diagram Kota Surabaya – Banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur, salah satunya lewat acara Sedekah Bumi.Budaya tradisional turun-temurun itu memberikan ruang ekspresi kepada masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukur atas limpahan rezeki, dan juga saling berbagi dengan sesama.Minggu 28 Agustus 2022

Hal ini yang dilakukan Ratusan Warga RW 5 Simo Gunung Barat sangat antusias mengikuti kirab budaya di acara sedekah bumi.

Selain melakukan Kirab budaya juga menggelar Tasyakuran Ratusan Tumpeng dan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk.

Gunungan Kirab Budaya RW 5 Simo Gunung Barat

Ketua Panitia Acara Agus Kurniawan menjelaskan kegiatan Sedekah Bumi dan sejenisnya yang termasuk kekayaan Budaya Indonesia harus dilestarikan.

“ Itu adalah tentang pengucapan rasa syukur atas kesuksesan yang telah didapat. Di dalamnya juga terdapat silaturahmi, kebudayaan, kesenian, dan hiburan,” ucapnya

Baca Juga :  Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Indah Kurnia, Adi Sutarwijono Angkat Nilai Gotong Royong

” Alhamdulillah Kami bersama Seluruh warga sangat Antusias menikmati perayaan kegiatan Sedekah Bumi karena hampir sudah 2 tahun kita berjuang melawan Covid 19″.

Kami juga sangat berterima kasih khususnya pada warga RW 5 Simo Gunung Barat pihak – pihak yang mensupport kegiatan ini mulai Dari Disbudparpora serta Ketua DPRD Surabaya.

Terakhir, Kami berharap kegiatan ini tetap kita lestarikan serta akan jauh lebih meriah pada masa mendatang.

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono bersama
Ketua RW 5 Simo Gunung Barat Irwan Yuliarko serta Pimpinan wilayah kecamatan Sukomanunggal.

Kegiatan ini merupakan peristiwa adat istiadat, yang sudah diwariskan oleh nenek moyang dan diwariskan antar generasi. Adi bersyukur bahwa budaya lokal itu masih terawat baik.

Baca Juga :  Beasiswa PIP di Wiyung, PDIP Surabaya Ajak Warga Masyarakat Lahirkan Generasi Hebat

” Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.kegiatan ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa”. Ungkap Adi Sutarwijono Ketua DPRD Surabaya

Lebih Lanjut, Kami berkomitmen dan mendukung agar budaya-budaya lokal Surabaya terus hidup, memperkuat gotong royong, di tengah arus perubahan dan kemajuan kota.

Dalam kegiatan ini, Adi Sutarwijono didampingi dan Ketua PAC PDI Perjuangan Sukomanunggal Triyarso (Cak Kabel) bersama jajaran pengurus Kader Banteng Sukomanunggal.

“Kita syukuri, bahwa kegiatan Sedekah Bumi tahun ini bisa digelar. Kita lestarikan warisan leluhur kita sehingga tidak tergerus arus jaman. Tugas kita adalah mewariskan adat istiadat dan budaya kepada generasi yang lebih muda, generasi milenial,” kata Adi.

Baca Juga :  Hadiri Sedekah Bumi Dukuh Kalijaran,Adi Sutarwijono Dorong Penguatan Seni Budaya Dan UMKM
Antusias warga mengikuti Tasyakuran Tumpengan Sedekah Bumi.

“Sehingga akan tumbuh generasi yang terpelajar, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi memiliki kepribadian yang kuat, yang berakar dari nilai-nilai luhur. Kita ajarkan gotong royong kepada generasi muda, supaya dihayati dan dipraktikkan dalam lalu hidup sehari-hari,” kata Adi.

Perlu diketahui, Kegiatan Tasyakuran Warga pada siang hari ini Sangat Istimewa Dihadiri Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono,Camat Sukomanunggal,LPMK Simomulyo,Mantan Lurah Simomulyo Sukardi , Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Surabaya Sukadar serta Seluruh Tokoh Masyarakat RW 5 Simo Gunung Barat.(dk/dms)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *