Wabup Gresik Launching Program Peduli Pasien TB CSR PT Smelting

PERISTIWA DAERAH1054 Dilihat

Diagram Kota Gresik – PT Smelting bersama Human Initiative melakukan peluncuran program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Smelting Peduli Pasien Tuberculosis (TB). Tahun 2022 merupakan tahun ke tiga pelaksanan program, kali ini Program Peduli Pasien TBC secara resmi dilaunching oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di Kantor Kecamatan Bungah, Kamis (21/4).

Pada pelaksanaan program ketiga kali ini, PT Smelting menganggarkan bantuan berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT), bedah rumah berupa renovasi ventilasi, bantuan ekonomi dan bantuan pendidikan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mendorong kepada semua pihak bersatu mewujudkan eliminasi TB nol persen pada 2028 di Kabupaten Gresik serta secara nasional pada 2030.

“Langkah Pemkab Gresik dalam mewujudkan itu di antaranya mengontrol pasien TB untuk pengobatan secara teratur melalui pantau langsung dan menyampaikam melalui aplikasi. Inovasi ini cukup berhasil dalam menurunkan pasien TB. Ditambah dengan kolaborasi dukungan PT. Smelting dan Human Initiative (HI) maka TB bisa terbantu dan masyarakat menjadi teredukasi,” ujarnya.

“Tahun 2022 ini kami menargetkan pengobatan bagi 150 pasien di wilayah sasaran Puskesmas Kecamatan Bungah dan Puskesmas Kecamatan Duduk Sampeyan. Kami mendukung penuh untuk terwujudnya eliminasi TB di tahun 2030,” ungkap Section Manager General Affair PT Smelting Indra SW Junor pada acara launching program CSR PT Smelting Peduli Pasien TBC di Kabupaten Gresik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr Muhibatul Khusnah menambahkan, hingga kini ada 1.876 orang pasien TB di Gresik. Dari jumlah itu, 90 persen sudah dapat pengobatan dan sembuh melalui pendekatan pengobatan dan edukasi.

Pada Triwulan I/2022, pihaknya mentargetkan temuan 3.000 pasien TB. Namun hingga kini baru ditemukan 463 pasien.

“Harapannya pasien TB bisa benar-benar bebas TB di 2030. Dan Dinkes Gresik mendukung penuh kegiatan PT Smelting Peduli dan Human Initiative ini,” ujar dr Khusnah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Human Initiative Cabang Jawa Timur Muthori menjelaskan, kegiatan Peduli TB ini diharapkan bisa mempercepat eliminasi TB.

“Kabupaten Gresik sudah menerbitkan Peraturan Bupati untuk eliminasi dipercepat menjadi 2028,” katanya.

Proses eliminasi TB ini didukung PT. Smelting yang diinisiasi sejak 2019. Kali ini merupakan tahun ketiga dengan target 150 pasien.

Yang akan mendapatkan pendampingan dan paket gizi dan nutrisi agar bisa percepat eliminasi pasien TB. Kedua dengan pelatihan-pelatihan kader dan keluarga pasien. Ketiga renovasi rumah pasien menjadi rumah layak sehat.

Tidak hanya itu, setelah mereka sembuh PT Smelting tetap men-support dengan memberikan modal usaha untuk membuka lapangan pekerjaan agar bisa mandiri. HI sejak 2019 bermitra dengan berbagai pihak terutama Dinkes dan delapan Puskesmas wilayah program peduli TB.” terang Muthori. (dk/nw)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *