Jembatan Kacangan Gresik Ambruk, Sekda Gresik : Alami Abrasi Pada Kaki Pancang Sebabkan Runtuh

PERISTIWA DAERAH1386 Dilihat

Diagram Kota Gresik – Jembatan Kacangan yang menghubungkan antara Desa Bulurejo dengan Desa Gluranploso Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Kemarin Sore Patah, Minggu (19/12/2021). Ambruk dan mengalami runtuh atau ambles sebagian.

Meski tidak ada korban jiwa, penyebab patah masih dalam penyelidikan tim investigasi serta monitoring maupun evaluasi dari Pihak Pemerintah Kabupaten Gresik.

Jembatan Kacangan yang dibangun diatas aliran sungai Kali Lamong pada Tahun 2002 itu. Menghubungkan Kecamatan Benjeng dengan Kecamatan Kedamean dan Menganti, kemudian panjang bentangan Jembatan Kacangan sekitar 100 meter.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Wasil menyampaikan jembatan Kacangan Desa Gluranploso Kecamatan Benjeng, dibangun pada Tahun 2002. Kemudian, hasil sementara dari investigasi dan monev dilapangan. Yaitu terjadi scoring akibat aliran air, sehingga terjadi abrasi di kaki pancang.

“Hal ini menyebabkan pancang yang ada mengalami keruntuhan, karena tanah sebagai penguat pancang, mengalami abrasi pada kaki pancang tersebut, sehingga menyebabkan keruntuhan jembatan. Kemudian juga karena faktor adanya La Nina, dimana prosentase curah hujan meningkat tajam yang menyebabkan keruntuhan” ungkapnya, seninn (20/12/2021).

Ia menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik bekerjasama dengan pihak Kampus ITS. Agar tim dari institut Surabaya tersebut bisa menyelidiki lebih detail dan lengkap masalah Runtuhnya Jembatan Kacangan tersebut.

“Dan untuk rencana perbaikan Jembatan Kacangan akan dilakukan segera pada Tahun 2022. Yang tinggal beberapa hari lagi tersebut,” imbuhnya

Sementara itu, Camat Benjeng Suryo Wibowo mengatakan, untuk saat ini tingkat Kecamatan Benjeng diberi instruksi dan arahan, untuk membentuk tim monev dan investigasi di lapangan, terkait runtuhnya dan terjadi patah pada Jembatan Kacangan di Gluranploso tersebut, Senin (20/12/2021).

“Nanti kami juga akan koordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait lainnya, agar segera ada info lebih lengkap serta segera diperbaiki,” pungkasnya.(dk/red-har)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *