Batik Cakra Palah, Mak Rini Serahkan Produk Asli Blitar Kepada TNI AL Koarmada II

Uncategorized1324 Dilihat

Diagram Kota BlitarKab – Batik cakra palah merupakan salah satu produk lokal Kabupaten Blitar. Selain itu, juga memiliki berbagai macam kerajinan tangan dengan beberapa motif batik yang telah memiliki hak cipta.

Dengan beragam kerajinan tangan, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar gencar mengenalkan produk lokal salah satunya batik cakra palah yang merupakan wujud bersatunya semangat masyarakat Kabupaten Blitar.

Maka, dalam kunjungan yang dilakukan oleh Bupati Blitar Rini Syarifah di TNI AL Koarmada II Surabaya secara langsung memberikan cindera mata kepada Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, SH., M. AL., M. Tr. (Han) sekaligus mengenalkan batik cakra palah dan batik ciprat.

”Jadi, selain batik ciprat Kabupaten Blitar juga memiliki motif Cakra Palah khas Kabupaten Blitar dan tidak didapat di daerah lain. Sebab motif ini diambil dari relief Candi Penataran sebuah candi yang reliefnya menggambarkan masa kejayaan Kerajaan Majapahit,” bebernya.

Mak Rini berharap kerajinan batik asli Kabupaten Blitar banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat secara luas. Hal ini, selaras dengan Panca Bhakti Mak Rini dan Makde Rahmat yaitu pengembangan potensi ekonomi daerah serta pesona Blitar Raya.(dk/red-boy)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *