Penerbitan/ Penggantian Paspor Untuk WNI Mulai Normal

Uncategorized696 Dilihat

Diagram Kota Surabaya -Masyarakat yang ingin melakukan penerbitan/ penggantian paspor bisa bernafas lega. Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim sudah mulai mengijinkan kantor imigrasi di jajarannya untuk membuka antrian umum.

Hal tersebut diungkapkan Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra hari ini (1/9). Menurut Jaya, pihaknya telah membuka kuota antrian penerbitan dan penggantian paspor melalui aplikasi APAPO. Tepatnya sejak pemerintah menurunkan PPKM mayoritas kabupaten/ kota di Jawa Timur menjadi level 3. “Sebelumnya tetap ada, namun hanya untuk yang memiliki keperluan mendesak saja, seperti keperluan berobat atau urusan kenegaraan,” ujar Jaya.

Dengan dibukanya aplikasi antrian APAPO, maka masyarakat yang selama ini harus menunda keinginannya mendapatkan paspor.  Bisa mulai mendaftar dan mendatangi kantor imigrasi terdekat.

Di Jatim sendiri ada sembilan kantor imigrasi yang tersebar di berbagai daerah. Mulai Surabaya, Tanjung Perak, Malang, Kediri, Madiun, Blitar, Pamekasan, Jember hingga Ponorogo. Belum lagi Unit Kerja Kantor dan Unit Layanan Paspor (UKK & ULP) yang ada di mall, UPTSA maupun tempat umum lainnya. “Kami lihat mall sudah mulai buka, maka kami mengeluarkan kebijakan agar pelayanan paspor juga mulai dibuka untuk masyarakat luas,” lanjutnya.

Meski begitu, pihaknya masih membatasi jumlah antrian setiap harinya. Setiap hari, kuota yang dibuka hanya 20-30% dari kuota normal. Disesuaikan dengan besarnya kantor dan kondisi PPKM di wilayah kerjanya. Hal ini agar penerapan protokol kesehatan masih bisa dilakukan dengan baik. “Contohnya kalau biasanya Kanimsus Surabaya bisa sampai 100-150 setiap harinya, sekarang kita mulai buka 25-30 orang saja,” tuturnya.

Selain pelayanan paspor, Jaya juga menegaskan bahwa pengawasan orang asing akan kembali diperketat. Yaitu dengan mengedepankan asas-asas profesional dan humanis. (dk/red-dn)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *