banner 388x699
banner 388x699
banner 728x90

Pelajar SDN Kertajaya 1 Terima Vaksinasi Campak dan Rubella

  • Bagikan

Diagram Kota Surabaya – Pelajar Sekolah Dasar (SD) mendapatkan suntikan imunisasi Measles Rubella (MR) dan Human Papiloma Virus (HPV) kali ini kegiatan imunisasi dilaksanakan di SDN Kertajaya 1, Surabaya Jawa Timur, Jumat (17/09/2021).Kegiatan imunisasi ini dilaksanakan oleh SDN Kertajaya 1 yang dibantu tenaga kesehatan dari puskesmas Pucang Sewu Surabaya.

Imunisasi masal yang menyasar 160 siswa kelas 1, 5, dan 6 SD di sekolah tersebut untuk menjaga kekebalan tubuh para siswa selama pandemi Covid-19. Pelaksanaan imunisasi ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Penyakit Campak dan Rubella merupakan dua penyakit yang sangat mungkin dialami oleh bayi dan anak-anak. Sebagaimana diketahui, hingga saat ini tidak ada pengobatan untuk kedua penyakit tersebut. Akan tetapi sudah ditemukan cara untuk mencegahnya, yakni dengan amemberikan vaksin MR. Vaksin MR merupakan kombinasi vaksin Campak atau Measles (M) dan Rubella (R) berfungsi untuk melindungi anak dari penyakit Campak dan Rubella.

banner 700x917

Kepala sekolah SDN Kertajaya 1 Sri Hastuti S.Pd M.Si di sela kegiatan Imunisasi ini berharap dengan adanya imunisasi ini, tingkat kekebalan siswa- siswi menjadi baik terutama dari penyakit campak dan Rubella.
“Imunisasi ini dilaksanakan sasarannya untuk kelas 5 yaitu HPV(Human Papiloma virus) dosis yang pertama,sedangkan untuk kelas 6 sudah dosis yang kedua karena dosis yang pertama sudah diberikan saat masih kelas 5.Sementara untuk kelas 1 disuntikkan imunisasi MR(Measles Rubella) “kata Sri.

Harapannya kesehatan anak didiknya terhadap penyakit Rubella dan Campak rendah di tengah pandemi Covid19,sedangkan untuk kegiatan Proses belajar tatap muka sendiri ,SDN 1 Kertajaya 1 Surabaya sudah dilaksanakan sesuai aturan dari Diknas yaitu khusus kelas 6 dan harus disertai surat ijin orang tua.

Sementara itu Patria Kusumawardani koordinator Vaksinasi dan Imunisasi dari Puskesmas Pucangsewu Surabaya saat diwawancarai mengatakan, untuk kegiatan imunisasi hari ini dosis suntikan yang disiapkan sebanyak 50 HPV dosis 2 dan 50 dosis 1,sementara untuk MR disiapkan 50 dosis juga. (dk/red-dms)

Share and Enjoy !

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90