oleh

Mendapat Keluhan Wali Murid Keluarga MBR, Wawali Armuji : Sekolah Wajib Memberi Seragam

Diagram Kota Surabaya – Rumah Dinas Wakil Walikota Surabaya Armuji didatangi lima orang wali murid yang telah diterima di SMP Negeri melalui jalur Mitrawarga namun tetap diminta membeli Seragam, Kamis, 2 September 2021.

Pengaduan tersebut disampaikan karena di tengah masa pandemi Covid-19, Mereka masih diharuskan membayar biaya seragam dengan harga Rp1.300.000 hingga Rp 1.500.000 yang cukup memberatkan.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menegaskan, sekolah wajib memberikan seragam bagi pelajar yang masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR. Hal itu diungkapkan usai menemui tiga pelajar dari SMPN 15 dan SMPN 54 yang diwajibkan membayar uang Rp. 1.500.000 untuk membayar bahan seragam.

Armuji mengaku kaget atas kabar itu. Sebab, sejak dulu, dia mengklaim MBR bebas membayar sekolah, buku, dan seragam.

Baca Juga  Surabaya Level 2, Wali Kota Eri Imbau Warga Tak Euforia dan Tetap Disiplin Prokes

”Saya kaget karena warga MBR SMP diberi alternatif beli seragam di sekolah atau di luar. Harusnya sekolah memberi. Ini sudah berlaku sejak dulu,” tutur Armuji di rumah dinasnya pada Kamis (2/9).

Dia menampik kabar bahwa sekolah tidak memiliki anggaran untuk siswa MBR. Anggaran sekolah lebih dari cukup.

”Pelajar MBR kan cuma 20 persen. Kalau murid rata-rata 300 ya siswa MBR cuma 60. Tolong dispendik diperhatikan,” ucap Armuji.

Kalaupun sekolah menjual bahan seragam, menurut wakil wali kota tidak masalah. Sebab penjualan itu ditujukan bagi pelajar non MBR.

”Kalau koperasi sekolah jualan, ya nggak apa-apa. Tapi untuk pelajar non MBR. Pasti kan ada yang dijual. Seperti kaos kaki, batik ciri khas sekolah, gitu kan ada. Nah, yang pelajar MBR dikasih,” terang Armuji.

Baca Juga  Wawali Armuji Sampaikan Upaya Pemkot Mengendalikan Inflasi

Bagi sekolah yang kedapatan menjual seragam bagi MBR, Armuji meminta sanksi tegas dari dinas pendidikan. ”Sanksi sekolah, dinas tak suruh turun ke bawah. Melihat ke SMP. Ada SMP 15, 54, dan 31. Biar ke lapangan,” kata Armuji.(dk/red/dms)

 

Share and Enjoy !

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.