Peduli Disabilitas, Pemkot Kediri Permudah Kepengurusan Adminduk

Uncategorized402 Dilihat

Diagram Kota Kediri – Peduli terhadap disabilitas mendorong kepekaan sosial. Salah satunya, Pemerintah Kota Kediri terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan bagi warganya. Termasuk bagi mereka penyandang disabilitas. Salah satunya dengan memberikan kemudahan dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

Murdiantoro (40 tahun) salah satu warga yang tinggal di Kelurahan Ngampel ini belum memiliki identitas kependudukan. Menurut keterangan Imam Muhni, Tim Reaksi Cepat (TRC) Perlindungan sosial kelurahan Ngampel bahwa yang bersangkutan belum bisa untuk mengurus adminduk. “Status kependudukan dari wilayah tempat tinggal sebelumnya sudah dicabut dan belum mengurus kepindahan adminduk di kota Kediri,” ungkap Imam, Minggu, (22/8).

“Karena belum memiliki adminduk kota Kediri yang bersangkutan tidak masuk dalam DTKS dan belum bisa diajukan untuk menerima bantuan bantuan sosial dari pemerintah kota Kediri” imbuhnya.

Menyikapi hal ini, Imam bersama dengan Heri Nurdiantoro, ketua LPMK kelurahan Ngampel melakukan komunikasi dengan Murdiantoro. Berdasarkan keterangan Heri, Murdianto mengungkapkan bahwa pihaknya telah memantapkan dirinya untuk menjadi warga Kota Kediri. Atas dasar hal tersebut akhirnya TRC bersama LPMK kelurahan Ngampel berinisitaif untuk membantu kepengurusan dokumen adminduk ke Dispendukcapil Kota Kediri.

“Alhamdulillah, atas kebijakan yang pro disabilitas di dispendukcapil kota Kediri mas Murdi telah diterbitkan KTP dan KK kota Kediri pada hari Jum’at (6/8) untuk KTP dan Senin (9/8) untuk KK, kemudian pada Jum’at (20/8) kemarin dokumen telah diserahkan,” ucap Heri, Minggu, (22/8).

Baca juga : Herd immunity, Kota Kediri Gencar Vaksinasi Segala Lini

Sementara itu, Samsul Bahri, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri membenarkan hal tersebut. Menurut pihaknya Dispendukcapil dengan sepenuh hati melakukan pelayanan ramah disabilitas. “Setiap warga negara punya hak yang sama, termasuk dalam kepengurusan administrasi kependudukan, jadi jika karena suatu kondisi yang bersangkutan tidak bisa mengurus langsung, maka kami akan memberikan kemudahan kepengurusan bekerja sama dengan elemen terkait di tingkat kelurahan dan kecamatan,” terang Samsul Bahri, Minggu, (22/8).

Disamping itu, Samsul mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyediakan jalur khusus pelayanan bagi disabilitas dalam kepengurusan adminduk. “Ada jalur khusus disabilitas, jadi untuk masyarakat umum sendiri, bagi penyandang disabilitas sendiri, jadi pelayanan dapat lebih cepat,” tandasnya.

Pasca dokumen kependudukan telah berhasil dilengkapi, mengingat Murdianto ini termasuk warga yang kurang mampu, TRC dan LPMK membantu juga kepengurusan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga mendapatkan kemudahan kemudahan mengakses bansos bansos dari pemerintah termasuk KIS nya yang sangat dibutuhakan untuk akses layanan kesehatan. we

Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri melalui Luluk Nita Kumala kepala bidang rehabilitasi sosial mengatakan bahwa dengan lengkapnya dokumen kependudukan maka Dinas Sosial bisa turut mempermudah kepengurusan bantuan sosial bagi yang bersankutan. “Jika adminduk telah terlengkapi maka kami juga dapat melakukan percepatan kepengurusan bantuan sosial bagi warga tersebut,” terangnya, Minggu, (22/8).

Benar saja, bantuan sosial dari Dinas Sosial Kota Kediri berupa paket sembako telah diterima oleh Murdiantoro. Bantuan tersebut diterima oleh Murdiantoro.

Luluk menambahkan bahwa ia juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian dari elemen masyarakat terhadap para penyandang disabilitas. “Terimakasih atas dukungan dan kepedulian masyarakat terhadap saudara kita, para penyandang disabilitas di Kota Kediri, karena penyandang disabilitas bukan hanya menjadi perhatian pemerintah saja tetapi juga masyarakat, supaya terwujud kesetaraan dan lingkungan yang ramah disabilitas,” pungkasnya.(boy)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *