Menko Marves dan Menkes Sambangi Pasien Isoter di Malang

Uncategorized827 Dilihat

Malang | METROJATIM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengecek pasien isolasi terpusat (isoter) di Malang. Keduanya menyapa pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi di kantor Badan Penembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM)  Malang, Jumat (13/8/2021).

Begitu tiba di lokasi, Menko Luhut dan Menkes disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. Kunjungan kerja petinggi pemerintah pusat itu juga disambut oleh para pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi.

Masyarakat kawasan Malang itu tengah bersiap di area berjemur dan disediakan mic untuk berdialog jarak jauh dengan jajaran Menko Marves. Menko Luhut langsung menyapa para warga yang tengah menjalani isolasi. Ada sejumlah keluarganya yang juga terpapar covid-19. Dan yang perlu dilakukan adalah mengisolasi diri dari lingkungan agar tidak menularkan ke yang lain.

“Pertama kami menyampaikan salam dari Bapak Presiden. Kedua, saya mau cerita, anak cucu saya, mantu saya semua kena Covid-19. Maka tidak perlu malu, justru bapak ibu ini benar, saat terpapar covid-19 langsung ke tempat isoter,” kata ujar Luhut.

Isoter ini, lanjut Luhut,  layanan lengkap karena ada dokternya, ada makannya, ada obatnya, ada pengecekan tenaga kesehatan. “Dengan diisolasi di isoter maka tidak akan menularkan ke keluarga yang lain,” tegasnya.

Baca juga : Gelar Gerai Vaksinasi Merdeka Semeru, Polresta Malang Kota Gandeng Kodim Dan Dinkes

Luhut menegaskan, bahwa varian Delta ini sangat berbahaya, bisa menyerang pernapasan yang bahkan membuat saturasi oksigen turun mendadak menjadi 80 persen. Kalau hal ini terjadi, maka pasien akan sulit tertolong.

Dan meminta Pemda untuk memberikan fasilitas termasuk dengan makanan yang sehat. Karena dananya ada. Tak lupa Luhut juga menekankan masyarakat Jatim untuk ikut vaksinasi. Sebab vaksinasi kini juga menjadi kunci penanganan covid-19.

“Orang yang meninggal itu rata-rata yang tidak divaksin. Saya ulangi, rata-rata yang meninggal itu orang yang tidak divaksin. Jadi kalau dia sudah divaksin, kena, dia mild. Tidak parah, ringan. Maka anjurkan vaksin,” tegasnya.

Total, ada sebanyak 84 orang yang sedang menjalani isolasi di BPSDM Malang. Isoter di BPSDM Malang ini merupakan kantor milik Pemprov Jawa Timur, yang kemudian bekerja sama dengan Pemkot Malang dalam hal operasional isoter.(and)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *