HUT RI Ke- 76, Pemkot Kediri Berikan Bingkisan Kepada Para Pejuang Perintis Kemerdekaan

Uncategorized488 Dilihat

Diagram Kota Kediri – Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial Kota Kediri berikan bingkisan sebagai tali asih kepada para pejuang perintis kemerdekaan. Hal itu rutin dilakukan pada saat perayaan HUT Kemerdekaan RI oleh Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Daerah agar selalu mengingat dan menghormati jasa-jasa yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk Bangsa Indonesia. Bingkisan yang diberikan tersebut berupa paket sembako dan 1 kotak masker.

Selain bingkisan dari Pemkot Kediri, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan bingkisan sebagai apresiasi kepada para pejuang perintis kemerdekaan ini. Bingkisan yang diberikan berupa 1 buah magic com, 1 paket sembako dan 1 kotak susu. Bingkisan tersebut langsung diberikan oleh Dinas Sosial Kota Kediri ke sejumlah pejuang dan janda dari pejuang perintis kemerdekaan.

Diantaranya para pejuang tersebut adalah Hendrik Adolf Unwaru yang tinggal di Kelurahan Lirboyo. Pria yang berumur 82 tahun ini adalah satu-satunya pejuang perintis kemerdekaan yang masih hidup di Kota Kediri dan salah satu saksi hidup bagaimana perjuangan Bangsa Indonesia mendapat kemerdekaannya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Gresik, Temui Warga Korban Rentenir

“Ini dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, kita berikan bingkisan kepada para pejuang dan janda pejuang perintis kemerdekaan. Semoga bermanfaat, ini juga sebagai bentuk penghormatan dari Pemerintah kepada jasa-jasa para pejuang perintis kemerdekaan,” kata Candrawati Puspitorini, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Kediri, Selasa (17/8).

Ada 5 orang pejuang dan janda dari pejuang perintis kemerdekaan yang diberikan bingkisan pada HUT Kemerdekaan RI ke-76 kali ini. Candrawati Puspitorini menambahkan bahwa mereka pejuang perintis kemerdekaan yang tergolong pada saat perjuangan setelah proklamasi kemerdekaan 1945.

“Mereka adalah para pejuang setelah proklamasi kemerdekaan 1945 pada saat Belanda masuk kembali ke Indonesia. Jadi yang pada saat itu memiliki Surat Keputusan (SK) bertugas pada saat Belanda kembali masuk ke Indonesia oleh Pemerintah Pusat digolongkan sebagai pejuang perintis kemerdekaan,” imbuh Candrawati Puspitorini.

Baca Juga :  Peduli Disabilitas, Pemkot Kediri Permudah Kepengurusan Adminduk

Di akhir wawancaranya, Candrawati berharap bingkisan yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk para pejuang dan janda pejuag perintis kemerdekaan. Terlebih pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Disamping kita mengapresiasi dan menghormati jasa-jasa beliau, semoga bingkisan ini bisa juga meningkatkan imunitas para veteran di masa pandemi ini sehingga mereka dapat terus menginspirasi generasi muda untuk meneruskan perjuangan demi Indonesia yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(red/boy)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *