oleh

Tanah SPBU Shell Ambles Akibat Truk Muat Box Culvert

GRESIK, METROJATIM.COM – Tanah SPBU milik Shell alami masalah, karena pada bagian masuk Pom bensin ambles. Akibat truk angkut box culvert atau gorong – gorong, untuk pembangunan SPBU Shell. Sebab tanahnya lunak sehingga Roda Truk ambles ke dalam tanah. Sehingga target penyelesaian Pembangunan Infrastruktur SPBU Shell yang baru di Jalan Veteran Kebomas Gresik akan terganggu. Beberapa masalah lain, juga mendera Proyek SPBU Shell tersebut, seperti masalah perijinan yang belum diketahui perkembangannya.

Seorang tokoh setempat yang dipanggil Pak Man menyampaikan “Saya dulu pernah sampaikan ke pegawai perijinan, berkaitan dengan lahan – lahan bekas Tambang Semen sekitar sini pak, bahwa dulu pihak Semen Indonesia atau Semen Gresik, menggunakan peledak namun tidak ledakan besar untuk mengambil bahan baku semen di sekitar Kebomas dan Jalan Veteran sini. Maka banyak rongga – rongga dan retakan – retakan bekas galian serta ledakan – ledakan jaman dulu tersebut” (24/05/2021).

Baca juga : Saluran Air Gresik, Abaikan Pembangunan Hulu Ke Hilir

Baca Juga  Pembangunan SPBU Gusur Pedagang, DPRD Surabaya Sidak PKL Pasar Asem

Ia menambahkan, bahwa bekas galian tambang semen, banyak rongga tanah di sekitar Gunung Lengis, Jalan Veteran, dan Kebomas, sehingga bila digunakan untuk bangunan dan atau kawasan permukiman, maupun kawasan industri, maka rawan longsor serta rawan tanahnya ambles atau lunak. Maka kasus di Pom Bensin Shell maupun di Kawasan Cafe Putri Cempo adalah salah satu bukti, banyaknya rongga tanah dan retakan bekas galian tambang jaman dulu.

Saat awak media ke Bagian Perijinan Kabupaten Gresik, hanya ditemui seorang pegawai yang tidak mau menyebut namanya menyampaikan “Maaf pak pimpinan tidak ada, kami tidak tahu dan belum menerima informasi untuk Pembangunan SPBU Baru Milik Shell di Jalan Veteran Kebomas. Untuk masalah bekas galian tambang, itu masalah Pemerintah Pusat pak, saat ini semua kewenangan pertambangan ke Pemerintah Pusat”. (hsn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.