oleh

Dyah katarina Kunjungi Anak Gizi Buruk

Surabaya, Metrojatim.com – Dyah katarina anggota DPRD Kota Surabaya komisi D dari Fraksi PDI Perjuangan mengunjungi anak D (8) warga Simo kalangan kecamatan sukomanunggal, yang didiagnosa mengalami gizi buruk.

Didepan Dyah katarina Ibu dari D menceritakan bahwa anaknya pernah sakit saat usia 3 bulan, karena menjadi korban saat terjadi bentrok antara suporter bola tahun 2013. Kala itu sempat dirawat di RSUD dr Soewandie.

Menurut pihak puskesmas Simomulyo pun, sejak kecil anak ini sudah mengalami gizi buruk saat diasuh budhenya. Saat setahun lalu budhenya meninggal, baru diasuh orang tuanya, namun orang tuanya kurang kooperatif di saat pendampingan gizi buruk.

Puncaknya, 4 bulan yang lalu kondisi anak D tidak bisa jalan, hanya tidur dan kesakitan saat digerakkan sehingga harus buang air di popok bayi.

Baca Juga  Kepala DLH Surabaya Mangkir Hearing, Diduga Ada Yang Ditutup-tutupi

“Dari keterangan orang tua D, ada kendala dokumen sehingga sulit mendapatkan pengobatan gratis,” ujar Dyah, Senin (10/05/2021)

Menanggapi masalah ini Dyah Katarina mengaku pemerintah perlu memperbanyak edukasi dan sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya memiliki dokumen identitas pribadi. ” Seringnya ada permasalahan yang terkait kesra, kesehatan, pendidikan, dll, baru ribut mengurus surat-suratnya,” ujarnya.

” Kami Di komisi D menyoroti di bagian ini juga karena permasalahan tidak hanya di kesehatan anak tapi awareness masyarakat pada dokumen pribadinya,” lanjut Dyah.

Untuk kasus kesehatan anak D, Dyah memastikan sudah dapat rujukan puskesmas Simomulyo untuk dibawa ke RSUD. ” Masih menunggu keputusan keluarga di RSUD mananya. Upaya observasi dapat dilakukan sehingga akan mendapatkan pengobatan yang tepat,” tandasnya. (bas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.