oleh

Poktan Pakal Panen Raya Padi 14,6 Ton

Surabaya, Metrojatim.com – Kelompok Tani (Poktan) panen raya padi Varietas Ciherang seluas 2 hektare, dari total 11 hektare lahan yang ditanami di wilayah Kelurahan Pakal, Kecamatan Pakal Surabaya, Selasa (9/3/21). Lebih tepatnya berada sekitar 100 meter di sisi timur Hutan Kota Pakal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang menjelaskan bahwa dari total lahan seluas 11 hektare tanaman padi, hari ini yang dipanen sekitar 2 hektare. Untuk setiap 1 hektare yang dipanen itu menghasilkan Gabah Kering Panen (GKP) sekitar 7,312 ton.

“Jadi kalau hari ini yang panen 2 hektare, maka GKP-nya kali dua, atau sekitar 14,624 ton,” tegasnya.

Baca juga : Wali Kota Eri Bersama Poktan Pakal Gelar Panen Raya Padi

Baca Juga  DUKUNG TIMNAS INDONESIA BERLAGA DI SURABAYA TAK LENGKAP JIKA BELUM BELI OLEH-OLEH KE SKG REBORN

Namun demikian, lanjut Herlambang, dan hasil GKP ini beratnya akan menyusut. Dari hasil panen 7,312 ton pada 1 hektare lahan, beratnya dapat menyusut menjadi 6,288 ton Gabah Kering Giling (GKG). Nah, ketika sudah melalui proses GKG, berat beras akan turun menjadi 3,961 ton dari hasil panen 7,312 ton pada 1 hektare lahan.

“Untuk bibit padi yang ini merupakan Varietas Ciherang, bantuan dari kami DKPP Surabaya. Selain bantuan bibit dan pupuk. Kita juga memberikan bimbingan dan pendampingan kepada kelompok-kelompok tani di Surabaya,” pungkasnya. (bas)

Share and Enjoy !

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.